بسم الله الرحمن الرحيم
🚪 KAIDAH DURUSULLUGHOH
PERTEMUAN KE TUJUH🚪
🌷الدَّرْسُ السَّادِسُ🌷
🌷PELAJARAN KE ENAM 🌷
_____________________________
🔵 Tujuan yang ingin dicapai:
------------------------------------------------
1. Mengenal kata tunjuk (dekat) untuk muannast هذه (haadzihi).
2. Bisa membedakan penggunaan kata tunjuk هذا dan هذه dalam kalimat.
3. Mengenal beberapa jenis-jenis muannast.
🔵Penyampaian materi
---------------------------------------
🌷Kata tunjuk هذه -> Ismul Isyaaroti lilqoriibi
yaitu kata tunjuk untuk suatu yang dekat.
Digunakan untuk isim yang disifati perempuan ( muannast).
-> baik itu yang berakal,
Contoh :
هذه طالبةٌ
Ini pelajar (perempuan)
-> maupun yang tidak berakal,
Contoh:
هذه مكواةٌ
Ini setrika
Atau
هذه بقرةٌ
Ini sapi ( betina)
☝️Ingat!
Sudah diterangkan pada beberapa pertemuan sebelumnya bahwa nama- nama orang atau benda tidak berakal untuk jenis muannast dalam bahasa arab biasanya menggunakan ta marbuthah ة pada akhir katanya.
Namun ada beberapa hal yang keluar dari tanda tersebut.
Maka kami akan rincikan. Jenis-jenis muannast di antaranya:
1. Nama orang -> jenis perempuan.
Contoh :
زينبُ ، مريمُ ، فاطمةُ
2. Isim dengan tanda ta marbuthah
Contoh:
سبورةٌ ، مدرسةٌ
3. Kata kiasan
Contoh:
قدرٌ ، عينٌ ، يدٌ ، شمسٌ
4.Nama tempat
Contoh:
جاكرتا
إندونسيا
📝 Catatan:
🖊Untuk mubtada dan khabar harus bersesuaian untuk muannast dan mudzakkarnya.
Contoh:
المكواةُ جديدةٌ
🖊Untuk isim muannast yang kata kiasan ini di hafal karena tidak ada ciri yang khusus.
🖊Namun ada satu ciri yang sering di gunakan yaitu apabila benda itu berpasangan di anggap muannast,atau jumlah benda yang tidak berakal lebih dari 2/ jamak maka di anggap muannast.Namun untuk pembahasan tentang jamak ini akan di bahas pada bab 16 in sya Allah.
Contoh:
هذه رجلٌ
🖊Untuk penggunaan dalam kalimat untuk kata هذه lihat halaman ٣٣، ٣٤ dan ٣٥.
🖊Tambahan untuk rincian kalimat mubtada dan khabar dalam bentuk pertanyaan maka kami ingatkan lagi dalam pertemuan sebelumnya.
منْ هذه؟
من: خبر مقدم
هذه: مبتدأ مؤخر
Siapa ini?
سيارة من هذه؟
سيارة: خبر/ مضاف
من: مضاف إليه
هذه: مبتدأ
Mobil siapa ini?
🖊Ketentuan:
1. Apabila setelah isim istifham adalah isim ma'rifah (mungkin antunna masih ingat sebagian isim ma'rifah) maka isim istifham tersebut adalah khabar.
Semua isim istifham ( kata tanya) itu termasuk isim nakirah.
Hal ini membutuhkan perincian lebih lanjut, pada pembahasan nahwu.
🍃 Untuk mengetahui i'rob isim istifham, yaitu dilihat dari jawabannya.
Contoh :
مَنْ مُعَلِّمٌ ؟
تقديره مثل :
مُحَمَّدٌ مُعَلِّمٌ
Jawaban dari isim istifham tadi (مَنْ مُعَلّمٌ ؟ ) misalnya:
محمد معلم
←محمد : مبتدأ
←معلم : خبر
Maka i'rob isim istifham
من معلم ؟
←من : مبتدأ,
←معلم : خبر
2. Untuk kalimat yang tersusun dari dzaraf wa madzruf maka lihat perinciannya berikut:
القطُّ تحتَ المكتبِ
Kucing tersebut/itu di bawah meja
القط: مبتدأ
تحت: ظرف/مضاف+ خبر
المكتب: مضاف إليه
Bedakan dengan kalimat yang ada huruf jarnya.
القطُّ على المكتبِ
Kucing tersebut/ itu di atas meja.
القط: مبتدأ
على: حرف الجر
المكتب: اسم مجرور
على المكتب: خبر
🖊Perbedaan antara tahta dengan 'ala yaitu
tahta termasuk isim,sedangkan 'ala termasuk huruf.
🖊Namun untuk tambahan materi ini kita tidak usah berdalam-dalam asal antunna bisa membuat kalimat yang benar itu sudah bagus.
Khusus untuk pemula yang belum pernah belajar maka untuk tambahan ini tidak usah terpusingkan.
Karena pelajaran ini akan antunna dapati pada kitab-kitab bahasa arab yang lain.
Ini hanya pengenalan.
3. Boleh setelah kalimat yang ada huruf jar,bentuknya ma'rifah.
Contoh: pada halaman ٣٨
للهِ المشرقُ و المغربُ
Contoh lain:
و للهِ الاسماءُ الحسنى
"Dan hanya milik Allahlah nama-nama yang baik".
Ini sifatnya pengkhususan/ pembatasan.
___________📝
Tamaariin :
Tulislah dengan harokat & terjemahannya, Dars 6, halaman 34 - 38 tanpa melihat catatan!
🌷 و الله اعلم با لصواب
---------------------------------------------
🖊Umm Mu'awiyah Mariyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah
حفظهما الله
Tidak ada komentar:
Posting Komentar