بسم الله الرحمن الرحيم 
🚪 KAIDAH DURUSULLUGHOH
PERTEMUAN KE EMPAT🚪
🌷الدَّرْسُ الرَّبِعُ🌷
🌷PELAJARAN KE EMPAT🌷
(Bagian ke-2)
________________________   
🔵 Tujuan yang ingin dicapai:
-------------------------------------
1. Mengetahui contoh         kalimat lain dengan menggunakan huruf jar.
2. Mengenal pola sederhana yaitu jumlah ismiyyah dan jumlah fi'liyyah.
🔵Penyampaian materi
---------------------------
🌷Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mengenal 2 huruf jar,sekarang kita mengenal 2 huruf jar lainnya yaitu      مِنْ    dan   إِلَى
أَنَا  مِنَ الْياَبَانِ
Saya dari Jepang.
ذَهَبَ  مُحَمَّدٌ  إِلَى الْمُدِيْرِ
Muhammad telah pergi ke kepala sekokah.
🌷Jumlah Ismiyyah adalah Kalimat yang didahului isim.
Contoh:
عَلِيٌّ  ذَهَبَ  إلَى الْمَدْرَسَةِ
🌷Jumlah fi'liyyah adalah Kalimat yang didahului oleh fi'il ( kata kerja).
Contoh:
ذَهَبَ عَلِيٌّ   إلى الْمَدْرَسَةِ
👉Cara menerjemahkannya untuk 2 contoh diatas sama saja yaitu :
Ali telah pergi ke sekolah.
⚠️Penting!
🌷Nama negara termasuk isim ma'rifah, seperti: Cina,Indonesia dll.
🌷Kata ganti/ dhamir untuk orang yang berbicara tunggal/ aku disebut    أَنَا  ,
dan orang yang diajak berbicara mudzakkar tunggal / kamu disebut    أَتْتَ    .
🌷Dan ingatlah pd pertemuan sebelumnya dhamir jg termasuk isim ma'rifah.
🌷Jadi sementara isim ma'rifah yang kita dapati sampai bab 4 ini adalah:
1. Kata tunjuk      هذا   dan    ذلك 
2. Kata yang diawali dengan Al  (  ال   )
3.Nama-nama orang baik mudzakkar/ muannast.
4.Dhamir-dhamir( kata ganti)
5. Nama negara.
🌷Al Qamariyyah dan Al Syamsiyyah didalam ilmu tajwid disebut Al Ta'rif.
🌷Huruf-huruf jar sebenarnya banyak diantaranya
مِنْ  ،   إلى   ، عَنْ   ،فى رُبَّ  ، الباء  ،   الكاف ، اللام ،حُرُوْفُ الْقَسَمِ  ( الواو، الباء، التاء)
 ________📝
Tugas 5
1. Tulislah dengan harokatnya dan terjemahannya, apa yang telah disampaikan tadi di buku Catatan, dan hapalkan lafadz dan tulisannya.
Kemudian setelah hapal, tulis di buku Latihan Mandiri :
kitab Durusullughoh 1, bab 4, halaman 24 - 26, 
tulisan arab dengan harokatnya lengkap, beserta terjemahannya tanpa melihat catatan apapun.
2. Susunlah menjadi kalimat dan berilah harakat lengkap dari kata-kata berikut!
١) فى ،   ؟   ،  من  ،  المسجد
٢)  ذلك   ،  ما  ،؟  ،  ديك   ،     ذلك
٣) الغرفة  ،  أين  ، هي  ،  ؟  ،خديجة   ،  فى
٤)  هذا  ،أ   ،  سرير   ،  ؟
٥)  و  ،  المدرس   ،  من  ، المدرسة  ،  ذهب  ، البيت  ،   خرج  ،  إلى
🌷 و الله اعلم با لصواب
---------------------------------------------
✒ Ummu Mu'awiyah Mariyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah
حفظهما الله________________🌹🌹
📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar