Minggu, 29 November 2015

Latihan


_____________________Hal. 32🌸


اِقْرَأْ مَا يَلِى مُرَاعِيًا قَوَاعِدُ نُطْقِ هَمْزَةُ الوَصَلِ

Bacalah susunan kalimat berikut ini dengan memperhatikan kaidah pengucapan hamzah washol.


١. ابْنُ مُحَمَدٍ فِي الْعِرَاقِ وَ ابْنُ حَامِدٍ فِي الْهِنْدِ?

2. Putra Muhammad di Irak dan putra Hamid di India.


٢. خَرَجَ ابْنُ الطَّبِيْبِ مِنَ الْبَيْتِ

2. Putra pak dokter keluar dari rumah.


٣. ذَهَبَ ابْنُ التَّاجِرِ إلَى السُّوْقِ

3. Putra pedagang pergi ke pasar.


٤. اِسْمُ الْمُهَنْدِسِ فَيْصَالٌ وَ اسْمُ الطَّبِيْبِ مَسْعُوْدٌ

4. Nama insinyur Faisol dan nama pak dokter Mas'ud.


٥. مَا اسْمُ الرَّجُلِ ؟

5. Siapa nama laki² ?


٦. ابْنُ مَنْ أَنْتَ ؟  أَنَا ابْنُ الْوَزِيْرِ

6. Putra siapa kamu ? Saya putra mentri.

〰〰〰〰〰〰〰🍃


🌕 الْكَلِمَاتُ الْجَدِيْدَةُ
Kata2 baru :


🍊 الرَّسُوْلُ ,
Utusan
 
🍊 الْكَعْبَةُ ,
Ka'bah

🍊 الْاِسْمُ ,
Nama

🍊 الْاِبْنُ ,
Putra (Anak laki²)

 🍊 الْعَمُّ ,
Paman (saudara laki² ayah)

🍊 الْخَالُ ,
Paman (saudara laki² ibu)

🍊 الْحَقِيْبَةُ ,
Tas

🍊 السَّيَّارَةُ ,
Mobil

🍊 الشَّارِعُ ,
Jalan

🍊 مُغْلَقٌ ,
Tertutup

🍊 تَحْتَ ,
Di bawah

🍊 هُنَاكَ
Di sana

🍊 المُهَنْدِسُ
Insinyur
〰〰〰〰〰〰〰🍃


 🍒 سَيَّارَةُ الْمُدَرِّسِ

Mobilnya pak guru


🍒 سَيَّارَةُ← مُضَافٌ

Mobil → mudhof


🍒 الْمُدَرِّسِ← مُضَافٌ إِلَيْهِ

Pak guru → mudhof ilaih

🍃〰🍃〰🍃〰🍃〰

و الله أعلم بالصواب

✍ Umm Aisyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah

حفظهما الله_______________🌹🌹


📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh

Latihan


____________________Hal. 31 🌸


8⃣ اقْرَأْ المِثَالَ الْآتِي ثُمَّ كَوِّنْ أَسْئِلَةً مِثْلَهُ مُشِيْرًا إلى الصُّوَرِ التَّالِيَةِ

Bacalah contoh berikut kemudian gabungkanlah pertanyaan² seperti contoh dengan memberikan isyarat pada gambar berikut


📒 كِتَابُ مَنْ هٰذَا ؟ هٰذَا كِتَابُ مُحَمَّدٍ

Buku siapa ini ? Ini buku Muhammad.


🖋 قَلَمُ مَنْ هٰذَا ؟ هٰذَا قَلَمُ حَامِدٍ

Pena siapa ini ? Ini pena Hamid.


🏡 بَيْتُ مَنْ هٰذَا ؟ هٰذَا بَيْتُ التَّاجِرِ

Rumah siapa ini ? Ini rumah pedagang.


👔 قَمِيْصُ مَنْ هٰذَا ؟ هٰذَا قَمِيْصُ عَلِيٍّ

Kemeja siapa ini ? Ini kemeja Ali.


🛏 سَرِيْرُ مَنْ هٰذَا ؟ هٰذَا سَرِيْرُ عَبَّاسٍ

Tempat tidur siapa ini ? Ini Tempat tidur Abbas.

〰〰〰〰〰〰〰🍃

🍓 اِسْمٌ : 
Nama

اسْمُ الْوَلَدِ محمدٌ واسْمُ الْبِنْتِ زينبُ

Nama anak laki² kecil Muhammad dan nama anak perempuan Zainab.


اسْمُ الْمُدَرِّسِ حَامِدٌ. مَا اسْمُ الْمُدِيْرِ ؟

Nama pak guru Hamid. Siapa nama pak kepala sekolah ?


🍓 اِبْنٌ :
Putra (Anak laki²)

اِبْنُ خَالِدٍ فِي الْمَدْرَسَةِ وَ اِبْنُ حَامِدٍ فِي الْجَامِعَةِ

Putra Khalid di sekolah dan putra Hamid di universitas.


اِبْنُ الْمُدَرِّسِ فِي الْفَصْلِ. أَيْنَ اِبْنُ الْمُدِيْرِ ؟

Putra pak guru di kelas. Dimana putra pak kepala sekolah ?

〰〰〰〰〰〰〰🍃

و الله أعلم بالصواب

✍ Umm Aisyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah

حفظهما الله_______________🌹🌹


📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh

Kaidah Durusullughoh Pertemuan 5 (bag 1)

بسم الله الرحمن الرحيم 


🚪 KAIDAH DURUSULLUGHOH
PERTEMUAN KE LIMA🚪



🌷الدَّرْسُ الّخَامِسُ🌷

🌷PELAJARAN KE LIMA🌷
(Bagian ke-1)
________________________   
       

🔵 Tujuan yang ingin dicapai:
-------------------------------------

1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan mudhaf dan mudhafun ilaih serta syarat-syaratnya.

2. Penggunaan huruf Nida.



🔵Penyampaian materi
----------------------------

🌷Mudhaf (    مُضَافٌ   ) adalah suatu isim yang diidhafahkan / disandarkan kepada isim yang lain.


🌷Mudhafun ilaih (  مُضَافٌ إلَيْهِ  ) adalah suatu isim yang dijadikan tempat penyandaran.


🌷Makna dari susunan mudhaf dan mudhafun ilaih pada bab ini mempunyai makna kepunyaan / "nya".

Contoh:

١. بَيْتُ حَامِدٍ

Rumah (nya) Hamid


٢. مِفْتَاحُ الْبَيْتِ
Kunci ( nya) rumah


🌷Syarat - syarat suatu kata disebut mudhaf dan mudhafun ilaih adalah:

A. Mudhaf tidak boleh ditanwin, namun tidak boleh masuk Al ( ال )di depan kata.

👉Lihat kata pada contoh 1 dan 2 diatas. Yang disebut mudhaf adalah pada kata :

١. بَيْتُ         

٢.مِفْتَاحُ

Tidak boleh ditulis seperti ini :

١. بيتٌ حامد ❎

→ tidak boleh tanwin pada huruf di akhir kata (dalam contoh adalah huruf ت )
 
١.  اَلْبيتُ حامد ❎

→ tidak boleh  ال  pada awal kata


B. Mudhafun ilaih dikasroh/ kasrotain.

👉 Lihat kata pada contoh 1 dan 2 diatas. Yang disebut mudhafun ilaih adalah pada kata :

 ١. حَامِدٍ

٢.  البَيْتِ 


C. Apabila sebelumnya ada huruf jar maka mudhafnya menjadi kasrah

Contoh:
فِيْ بَيْتِ حَامِدٍ


D. Khusus untuk isim yang tetap/ mabni,
maksudnya isim tersebut tidak bisa berubah menjadi kasrah/ dhammah/ sukun apabila sebelumnya isim tersebut fathah.
Ataupun semisalnya.

Contoh:
كِتَابُ مَنْ هٰذَا؟

Buku ( nya) siapa ini?

👉Kata   مَنْ  dalam kalimat diatas adalah mudhafun ilaih dari kata   كِتَابُ   ,
maka sebagaimana yg kita ketahui bahwa syarat mudhafun ilaih seharusnya kasrah, 
namun karena kata tidak bisa berubah menjadi   مَنِ  secara dzahir, maka tetap ditulis seperti itu.


E. Mudhafun ilaih bisa dalam bentuk nakirah.

Contoh:

مِفْتَاحُ بَيْتٍ

Kunci ( nya) rumah

👉Dalam arti bahasa arab sama saja, hanya saja kita mengetahui bahwa apabila mudhafun ilaihnya ma'rifah maka isim itu sudah dikenal.

👉Adapun kalau dalam bentuk nakirah berarti hanya sebagai pembatasan, 
maksudnya kunci rumah bukan kunci gudang, kunci mobil ataupun selainnya.


🌷Penggunaan huruf nida/panggilan,sebenarnya ada beberapa macam,
namun pada kitab durusullughah 1 ini hanya huruf panggilan (   يَا  ) ini yang dipakai, artinya wahai, 
cirinya dengan menghilangkan tanwin dengan cara di dhammah.

Contoh:
🔸Pada nama orang
يَا فَاطِمَةُ
Wahai Fathimah

يَا عَمَّارُ
Wahai Ammar

🔸Pada orang yang dimaksudkan

يَا أُسْتَاذُ
Wahai ustadz

يَا  وَلَدُ
Wahai anak kecil


____________
📝Catatan:

☄Susunan mudhaf dan mudhafun ilaih dalam keadaan ma'rifah, maka susunan kata itu disebut isim yang ma'rifah.

☄Namun apabila susunan mudhaf dan mudhafun ilaihnya dalam keaadaan nakirah, maka susunan kata itu disebut isim nakirah.

☄Isim setelah huruf nida juga termasuk isim yang ma'rifah.

☄Sekarang kita sudah mendapatkan beberapa isim ma'rifah,
yaitu sudah 7 macam.


_________📝

Tugas 6 :


1. Tulislah dengan harokatnya dan terjemahannya, apa yang telah disampaikan tadi di buku Catatan, dan hapalkan lafadz dan tulisannya.
Kemudian setelah hapal, tulis di buku Latihan Mandiri :
kitab Durusullughoh 1, bab 5, halaman 27 - 30, 
tulisan arab dengan harokatnya lengkap, beserta terjemahannya tanpa melihat catatan apapun.


2. Soal tambahan

اُكْتُبْ سُؤَالاً لِكُلِّ جَوَابٍ فِيْمَا يَأْتِى!


١) ...................؟  هو فى الجامعة

٢) ..................؟  فى الفصل مدرس

٣) ...............؟ هذا منديل علي

٤) ...................؟ هو تحت السرير

٥) ................؟ انا بنت محمد


🌷 و الله اعلم با لصواب
---------------------------------------------

✒ Ummu Mu'awiyah Mariyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah

حفظهما الله________________🌹🌹


📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh

Latihan


_________________Hal. 30 🌸


١٩. ابْنُ مَنْ أنْتَ ؟ أَنَا ابْنُ الْمُدَرِّسِ

19. Putra siapa kamu ? Saya putra pak guru.


٢٠. أَيْنَ الْكَلْبُ ؟ هُوَ تَحْتَ السَّيَّارَةِ

20. Dimana anjing ? Ia dibawah mobil.


5⃣ كَوِّنْ جُمَلًا مُفِيْدَة بِمَلْءِ الْفَرَاغِ فِيْمَا يَلِى

Jadikanlah susunan kalimat yang sempurna dengan mengisi tempat yang kosong berikut ini


١. (بَابُ) الْبَيْتِ مُغْلَقٌ

1. (Pintu) rumah tertutup.


٢. أَيْنَ (مِفْتَاحُ) السَّيَّارَةِ ؟

2. Dimana (kunci) mobil ?


٣. مُحمّدٌ صَلَى اللّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمَ رَسُوْلُ (اللّه)ِ

3. Muhammad صَلَى اللّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَم utusan (Allah).


٤. (بَيْتُ) الطَّبِيْبِ بَعْيْدٌ

4. (Rumah) pak dokter jauh.


٥. الْقُرْآنُ كِتَابُ (اللّه)ِ

5. Al Quran kitab (Allah).


٦. خَدِيْجَةُ (بِنْتُ) حَامِدٍ

6. Khadijah (putri) Hamid.


٧. أَنَا (بِنْت)ُ الْمُدَرِّسِ

7. Saya (putri) pak guru.


٨. (قَلَم)ُ الطَّالِبِ مَكْسُوْرٌ

8. (Pena) pelajar patah.


٩. بَابُ (الْبَيْت)ِ مَفْتُوْحٌ

9. Pintu (rumah) terbuka.


١٠. خَرَجَ الْمُدَرِّسُ مِنْ (بَيْت)ِ الْمُدِيْرِ

10. Pak guru keluar dari (rumah) pak kepala sekolah.


6⃣صَحِّحْ التَّرْكِيْبَاتِ التَّالِيَةِ

Betulkan susunan berikut ini


قَلَمُ الطَّالِبِ
Pena pelajar.


بَابُ السَّيَّارَةِ
Pintu mobil.


بِنْتُ حَامِدٍ
Putri Hamid.


رَسُوْلُ اللّهِ
Utusan Allah.


اسْمُ الْوَلَدِ
Nama anak kecil.


ابْنُ الْمُدَرِّسِ
Putra pak guru.



7⃣ مُحَمَّدٌ   ← يَا مُحَمَّدُ

Muhammad → wahai Muhammad

أُسْتَاذٌ   ← يَا أُسْتَاذُ

Pak ustadz → wahai pak ustadz

خَالِدٌ   ← يَا خَالِدُ

Khalid   → wahai Khalid

وَلَدٌ   ← يَا وَلَدُ

Anak kecil   → wahai anak kecil


اقْرَأْ وَ اكْتُبْ مَعَ ضَبْطٍ أَوَاخِرِ الكَلِمَات

Baca dan tulislah dengan harokatnya di akhir kata

 يَا عَلِيُّ
Wahai Ali

يَاعَبَّاسُ
Wahai Abbas

يَا شَيْخُ
Wahai syeikh

يَا رَجُلُ
Wahai laki²

يَاسِرٌ
Yasir

يَا عَمَّارُ
Wahai Ammar

دُكْتُوْرٌ
Dokter

يَا دُكْتُوْرُ
Wahai dokter

〰〰〰〰〰〰〰🍃

و الله أعلم بالصواب

✍ Umm Aisyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah

حفظهما الله_______________🌹🌹


📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh

Latihan


__________________Hal. 29 🌸


٣. الْكَعْبَةُ بَيْتُ اللَّهِ

3. Ka'bah rumah Allah.


٤. مُحَمَّدٌ صَلَى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمَ رَسُوْلُ اللَّهِ

4. Muhammad صَلَى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَم utusan Allah.


٥. خَرَجَ الْمُدَرِّسُ مِنْ غُرْفَةِ الْمُدِيْرِ

5. Pak guru keluar dari ruangan pak kepala sekolah.


٦. هٰذَا بَيْتُ حَامِدٍ وَ ذٰلِكَ بَيْتُ خَالِدٍ

6. Ini rumah Hamid dan itu rumah Kholid.


٧. ابْنُ عَمَّارٍ طَالِبٌ وَ ابْنُ يَاسِرٍ تَاجِرٌ

7. Putra Ammar seorang siswa dan putra Yasir seorang pedagang.


٨. بَيْتُ الْمُدَرِّسِ بَعِيْدٌ وَ بَيْتُ التَّاجِرِ قَرِيْبٌ

8. Rumah pak guru jauh dan rumah pedagang dekat.


٩. هٰذَا مِفْتَاحُ السَّيَّارَةِ. أَيْنَ مِفْتَاحُ الْبَيْتِ ؟

9. Ini kunci mobil. Dimana kunci rumah ?


١٠. مَنْ أَنْتَ يَا وَلَدُ ؟ أَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ

10. Siapa kamu wahai anak kecil ? 
Saya putra Abbas.


١١. وَ ابْنُ مَنْ هُوَ ؟ هُوَ ابْنُ خَالِدٍ

11. Dan putra siapa dia ?
Dia putra Kholid.


١٢. أَيْنَ مَسْجِدُ الرَّسُوْلِ اللَّهِ صَلَى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمَ ؟ هُو َفِي الْمَدِيْنَةِ الْمُنَوَّرَةِ

12. Dimana masjid Rasululloh صلى الله عليه و سلم ?
Ia di Madinah Al Munawaroh


١٣. بِنْتُ حَامِدٍ فِي الْمَدْرَسَةِ وَ بِنْتُ مُحَمَّدٍ فِي الْجَامِعَةِ

13. Putri Hamid di sekolah, dan putri Muhammad di universitas.


١٤. اِسْمُ الْمُدَرِّسِ سَعِيْدٌ وَ اسْمُ الْمُهَنْدِسِ خَالِدٌ

14. Nama pak guru Said dan nama insinyur Kholid.


١٥. عَمُّ الطَّالِبِ غَنِيٌّ

15. Paman (nya) siswa kaya.


١٦. بَابُ الْمَسْجِدِ مَفْتُوْحٌ وَ بَابُ الْمَدْرَسَةِ مُغْلَقٌ

16. Pintu masjid terbuka dan pintu sekolah tertutup.


١٧. خَالُ حَامِدٍ فَقِيْرٌ

17. Paman Hamid fakir.


١٨. سَيَّارَةُ عَبَّاسٍ فِي الشَّارِعِ

18. Mobil Abbas di jalan.

〰〰〰〰〰〰〰🍃

و الله أعلم بالصواب

✍ Umm Aisyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah

حفظهما الله_______________🌹🌹


📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh

Sandaran Kata


______________________Hal. 28🌸


2⃣ أَضِفِ الْكَلِمَةَ الْأُوْلَى إِلَى الثَّنِيَةِ

Sandarkan kata yang awal pada kata yang kedua


📒 كِتَابٌ ,مُحَمَّدٌ  ←  كِتَابُ مُحَمَّدٍ  

Buku, Muhammad → Buku (nya) Muhammad


🗄 مَكْتَبٌ, الْمُدَرِّسُ  ←  مَكْتَبُ الْمُدَرِّسِ  

Meja, Pak guru → meja (nya) pak guru. 


🖋 قَلَمٌ , حَامِدٌ ← قَلَمُ حَامِدٍ

Pena, Hamid → Pena (nya) Hamid


🗝 مِفْتَاحٌ , الْبَيْتُ← مِفْتَاحُ الْبَيْتِ

Kunci, rumah → Kunci rumah. 


 🏡 بَيْتٌ , عَبَّاسٌ ← بَيْتُ عَبَّاسٍ

Rumah, Abbas → Rumah (nya) Abbas


🏬 دُكَّانٌ , التَّاجِرُ← دُكَّانُ التَّاجِرِ

Toko, pedagang → Toko (nya) pedagang


🛋 غُرْفَةٌ , عَلِيٌّ ← غُرْفَةُ عَلِيٍّ

Kamar, Ali → Kamar (nya) Ali


🏠 بَيْتٌ , الْمُهَنْدِسُ← بَيْتُ الْمُهَنْدِسِ

Rumah, insinyur → Rumah (nya) insinyur 


📔 دَفْتَرٌ , سَعِيْدٌ ← دَفْتَرُ سَعِيْدٍ

Buku tulis, Said → Buku tulis (nya) Said


🚲 اِسْمٌ , الْوَلَدُ ← اِسْمُ الْوَلَدِ

Nama, anak laki² → Nama anak laki². 


🔹 مِنْدِيلٌ , يَاسِرٌ ← مِنْدِيلُ يَاسِرٍ

Saputangan, Yasir → Saputangan (nya) Yasir


📖 كِتَابٌ , اللّٰهُ ← كِتَابُ اللّٰهِ 

Kitab, Allah → Kitab Allah


👔 قَمِيْصٌ , عَمَّارٌ ← قَمِيْصُ عَمَّارٍ

Kemeja, Ammar → Kemeja (nya) Ammar


🏢 بَيْتٌ , الطَّبِيْبُ← بَيْتُ الطَّبِيْبِ

Rumah, pak dokter → Rumah (nya) pak dokter. 


 🛏 سَرِيْرٌ , خَالِدٌ ← سَرِيْرُ خَالِدٍ

Tempat tidur, Khalid → Tempat tidur (nya) Khalid


🔑 مِفْتَاحٌ , السَّيَارَةُ ← مِفْتَاحُ السَّيَارَةِ

Kunci, mobil → Kunci (nya) mobil


3⃣اِقْرَأْ و كَتُبْ مَعَ ضَبْطِ أوَاحِرِ الْكَلِمَات:

Baca & tulislah dengan harokat yang sesuai pada akhir kata :


🌼 بَابُ الْمَدْرَسَةِ

Pintu sekolah.


🌼 حِمَارُ الرَّجُلِ

Keledai (milik) laki².


🌼 بَيْتُ حَامِدٍ

Rumah Hamid.


🌼 سَيَّارَةُ الْمُدِيْرِ

Mobil bapak kepala sekolah.
 

🌼 مِنْدِيْلُ عَمَّارٍ

Saputangan Ammar.


🌼 اِسْمُ الطَّالِبِ

Nama pelajar.


🌼 بَيْتُ اللّٰهِ

Rumah Allah.


🌼 فِي كِتَابِ اللّٰهِ

Di dalam kitab Allah.


🌼 مِنْ بَيْتِ الْمُدَرِّسِ

Dari rumah pak guru.


🌼 عَلَى مَكْتَبِ الْمُدِيْرِ

Di atas meja pak kepala sekolah.


4⃣ اِقْرَأ
Bacalah


١. أَيْنَ بَيْتُ الْمُدَرِّسِ ؟ هُوَ بَعِيْدٌ

1. Dimana rumah pak guru  ? Ia (rumah pak guru ) jauh. 


٢. الْقُرْآنُ كِتَابُ اللّٰهِ

2. Al Quran kitab Allah.

〰〰〰〰〰〰〰🍃

و الله أعلم بالصواب

✍ Umm Aisyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah

حفظهما الله_______________🌹🌹


📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh

Apakah Ini ?


بسم الله الرحمن الرحيم

 دروس اللغة العربية 
 لغير الناطقين بها,
 الجزء الأول 1⃣

🍃📕🍃📕🍃📕🍃📕🍃

 📝 ٥. الدَّرْسُ الْخَامِسُ

1. Pelajaran Kelima

➖➖➖➖➖➖➖➖


سَعِيْدٌ : أَ كِتَابُ مُحَمَّدٍ هٰذَا يَا يَاسِرُ ؟

Said : Apakah ini kitab Muhammad, wahai Yasir ?


يَاسِرٌ : لَا, هٰذَا كِتَابُ حَامِدٍ

Yasir : Bukan, ini kitab Hamid.


سَعِيْدٌ : أَيْنَ كِتَابُ مُحَمَّدٍ ؟

Said : Dimana kitab Muhammad ?


يَاسِرٌ : هُوَ عَلَى الْمَكْتَبِ هُنَاكَ

Yasir : Ia di atas meja sana. 


سَعِيْدٌ : أَيْنَ دَفْتَرُ عَمَّارٍ ؟

Said : Dimana buku tulis Ammar ?


يَاسِرٌ : هُوَ عَلَى مَكتَبِ الْمُدَرِّسِ

Yasir : Ia di atas meja pak guru. 


سَعِيْدٌ : قَلَمُ مَنْ هٰذَا يَا عَلِيُّ ؟ 

Said : Pena siapa ini, wahai Ali ?


عَلِيٌّ : هٰذَا قَلَمُ الْمُدَرِّسِ
 
Ali : Ini pena pak guru. 


سَعِيْدٌ : أَيْنَ حَقِيْبَةُ الْمُدَرِّسِ ؟

Said : Dimana tas pak guru ?


عَلِيٌّ : هِيَ تَحْتَ الْمَكْتَبِ

Ali : Ia di bawah meja. 
       
                     ➖🌹➖


تَمَارِيْنُ.   Latihan²


1⃣ أَجِبْ عَنِ الْأَسْئِلَةِ الْآتِيَةِ :

Jawablah soal² berikut ini :


١. أيْنَ كِتَابُ مُحَمَّدٍ ؟
(هُوَ عَلَى الْمَكْتَبِ هُنَاكَ)

Dimana kitab Muhammad?
(Ia di atas meja sana )


٢. أَيْنَ كِتَابُ عَمَّارٍ ؟ 
( هُوَ عَلَى مَكتَبِ الْمُدَرِّسِ)

Dimana buku Ammar ? 
(Ia di atas meja pak guru )


٣. أَيْنَ حَقِيْبَةُ الْمُدَرِّسِ ؟
( هِيَ تَحْتَ الْمَكْتَبِ )

3. Dimana tas pak guru  ? 
(Ia di bawah meja )


____________________Hal. 27🌸


و الله أعلم بالصواب

✍ Umm Aisyah
Telah dikoreksi Al Ustadzah Umm Ishaq Al Bantuliyah

حفظهما الله_______________🌹🌹


📚دروس اللغة العربية 📚
📲https://telegram.me/durusullughoh